Sore, 28 sept 2012. Seperti biasa, Mezy, Dalmatian hasil rescue dr tgn owner yg abuse dia, dgn power dia yg berlebih alias gede banget, berhasil rubuhin pagar tanpa diduga dan berlari keliling kompleks.
Well, selama ini, jika dia terlepas/dilepaskan, hampir ga ada yg bs tangkap lsg. Hrs nunggu dia capek banget br bisa ditangkap. Kali ini, ulah kaburnya ini mengajak Michelle, anjing yg dulu diselamatkan dr periuk masak di daerah sunter, jakarta utara, si basis pemakan anjing / kasus abuse terbanyak.

image

image

Dua bocah ini, lari dgn senang, ke arah blok yg terportal, artinya tdk ada lalu lalang kendaraan. Diikutin, sampe capek sendiri. Mulai kelelahan nih gw. Pas pintu pager ge buka lebar biar mereka masuk, Michelle mulai kembali ke rumah, pgn pulang. Mezy pun turut serta. Pas tepat mereka lewatin pager dan masuk ke halaman, seorg anak kecil yg seneng bgt godain mereka, berteriak: Guk!
Spontan Michelle Mezy keluar lagi, tp ga ngejar si bocah, malah lari2 lagi ke blok sebelah. Merasa mereka mulai capek, gw ikutin sambil bawa 2 leash.
Di blok sebelah tsb, Mezy lg asik membaui semak2 yg mgkin tertera identitas sang peninggal aroma urine penanda wilayah tsb. Michelle dtg menghampiri, ngesot di kaki gw. Easy catch. Pasang leash. Buat kontrol Michelle. Mezy gak berlaku sama, malah lari sana sini tepat disamping gw terus. Ngeledek bener ini bocah.
Pas Mezy terlihat lelah dan berlari agak pelan, Hap! Collar dia kena raih, dan dia ikut duduk abis itu. Pasang leash. Lalu menuntun mereka ke arah pulang.

Saat melintasi sebuah rumah yg paling rame terlihat sore itu, 2 anak kecil, yg tampaknya tertarik dgn ulah Mezy Michelle ini, malu2 mau panggil. Pepet dikit ah. Bener aja, mereka suka anjing.
Samuel, begitu namanya diketahui kemudian, yg paling berani. Dia tanya: yg besar ini gigit gak? O nggak kok. Pegang aja. Dia ramah. Samuel pegang lalu sejurus kemudian dia mulai mengelus2 Mezy sambil ngoceh2 ajak omong Mezy. Jody berlaku sama. Dia coba2 elus Michelle. Kedua anjing ini nyaman, terbukti mereka lsg akrab dan duduk rileks.

Penghuni rumah lainnya, yg ternyata lg ada acara keluarga, yg sedang nikmati sore di halaman, berhamburan. Keluar. Ikut tanya2 soal anjing dan liat bagaimana nurutnya anjing2 ini. Ternyata mrka jg pelihara anjing, yg menurut mereka nakal. Well, sore ini berubah jd mode konseling ttg anjing. Seru. Banyak pertanyaan2 lucu ttg anjing, yg tentunya dijelaskan dgn nalar dan logika sederhana serta aspek psikologis anjing tsb.

Samuel tanya, Om rumahnya yg mana? Yg banyak anjingnya itu ya?
Gw jawab iya. Blok AA no.6.
Ternyata dia perhatiin juga, banyak anjing dirumah.

Samuel n Jody gw ksh kesempatan bawa bocah2 jalan menuju rumah, sekalian mereka mau liat penguni lainnya.

Eh, yg ngikut ada 2 org selain dua anak ini. Ternyata mama + kakaknya samuel.

Sesampai dirumah, buka pintu dan panggil bocah2 keluar halaman. Chester dgn sigap keluar. Diikuti oleh Leftie dan Droopy, kakak beradik yg direscue dr Alam Sutra.

Seperti diduga, mereka pasti heboh ktmu orang2 baru. Tomplok, jilak, muter2in kaki.

image

Om, rumah ini penampungan anjing ya? Samuel tanya.
Ya, disini rumah singgah sementara buat hewan2 terlantar dik. Anjing kucing umumnya. Tuh liat aja dlm rumah, kucing semua. Hidup damai brg anjing.

Mereka longok itu kaca depan. Bingung, kok anjing kucing bs hidup damai.

Setelah bermain lama dgn para penghuni rumah, serta jelasin apa itu Animal Defenders serta kegiatannya, Samuel nyeletuk: ini yg boleh saya bawa pulang yg mana om? Hihihi….

Permohonan adopsi pun diterima, mereka minta puppies jenis apapun, dan minta kesediaan gw tuk bantu latih. Gw timpalin, kadang yg perlu dilatih itu ownernya dulu, baru anjingnya. Ownernya tau apa yg harus dilakuin, maka anjingnya pun akan ikut tertib.

Hari ini, Mezy membuka pintu komunikasi dgn tetangga yg hampir sama sekali ga pernah berinteraksi. Well, warga kompleks sini emang asik didalam rumah. Kerjabakti aja ga pernah, cuma bs ngupah org.

Senang rasanya. Bersosialisasi. Terlebih, ketemu pecinta hewan, khususnya anjing. Lagi.
Pun, memberikan gambaran pentingnya adopsi drpd beli di petshop, pentingnya vaksinasi dan sterilisasi. Serta berbagi trik nanganin anjing yg dilabelin “nakal”.

Samuel dan Jody, harapan generasi selanjutnya dlm perjuangan menuju kondisi kesejahteraan hewan yg lbh baik lagi.

For a better animal welfare.

Written special for Animal World Day.

Semoga hari ini bukan hanya menjadi selebrasi bullshit dan seremonial taik kucing, tapi lebih kepada menggaet kepedulian massal akan pentingnya kita berjuang demi hak2 hewan.

Woof! Miaw!

Iklan