Beberapa kawan, bertanya soal kenapa lebih baik adopsi, drpd beli di petshop. Well, ini kembali ke kesadaran sebenarnya. Soal lebih baik atau tidak, jika tidak dilandasi kesadaran dan apa yg menjadi latar belakang kampanye ini.

Anjing2 yg teraniaya, terlantar, bahkan dibuang secara tdk bertanggung jawab oleh owner, direscue dan menjalani tahapan2 seperti cek vet, rawat inap tuk observasi, lalu perawatan pasca vet di rumah singgah / foster home, agar fisik dan mental stabil dan siap untuk berinteraksi secara sehat dgn mahluk lain.

Tahapan2 ini tidak gratis. Ada biaya yg dikeluarkan. Tenaga, waktu, pun dicurahkan. Tujuannya, merehabilitasi kondisi fisik dan mental. Bayangkan, agar mereka mendapatkan kembali kesempatan tuk hidup layak, segini ribetnya. Please, stop animal abuse.

Lalu, adopsi ini gratis. Wohoo, drmn pada rescuer ini membiayai proses2 ini? Gw sendiri, di Animal Defenders, berusaha tuk bikin sesuatu yg bisa dipake dan layak jual, dan hasilnya buat menutup biaya proses2 ini. Ditengah jalan, ada bbrp kawan2 pecinta hewan yg membantu. Kami terbuka bagi bantuan2 semacam ini, karena semakin besar gerakan ini, semakin efektif dan meluas pertolongan yg diberikan.

Kalo dah siap secara teknis/lokasi tuk adopsi, apalagi sih yg perlu disiapin? Mental. Ya, mental. Jangan rasis, alias pilih2 kepada ras tertentu saja, baru mau berkasih sayang. Hey, apakah anjing manis ini pernah bertanya sama lo, “ras lu apa? Gw maunya sama org betawi. Sama org batak. Sama org flores”. HELL NO. Lalu kenapa lo masih rasis kpd mereka? Kasih sayang dan kesetiaan hewan2 ini, pun ga luntur karena lo buruk rupa. Karena lo jomblo. Karena lo bokek. Gak! Mereka ga kayak manusia. Ini yg harus kita curi. Ketulusan. Ya. Ketulusan.

Lalu, memelihara anjing/kucing adalah komitment. Sekitar 15 tahun hidup si anjing, dan lo ga bisa di tahun ke 1, tahun ke 2, lo bosen dan buang. Manusia macam apa lu? Lantas, jika lo bosen sama pacar/istri lo, lo juga campakkan mereka? Iya? Jeezzz…

Adopsi, hanya untuk yg punya hati. Yg sok2 unyu2an, mending lo beli boneka, atau beli tamagotchi.

Syarat2 gamblang dan simplenya, lo bisa liat berikut ini…

Penuhi syarat2 ini:
1. Tidak dipindah tangankan tanpa sepengetahuan kami/rescuer.
2. Sanggup memenuhi kebutuhan hidup mendasar (makan, minum, kesehatan yg layak, bermain)
3. Tdk ditempatkan di kandang terus menerus.
4. Menyanggupi melaporkan kondisi via bbm atau twitter beserta foto terakhirnya secara berkala, 2 minggu sekali di 2 bulan pertama.
5. Adopsi ini gratis, bukan berarti anjing/kucingnya boleh disembarangin. Klo ada perlakuan yg kami nilai tidak layak kpd hewan2 ini, kami berhak mengecek ke lokasi dan jika memang harus kami ambil kembali, akan kami ambil kembali.

Well, kalo masih belum ngerti esensi bacotan gw, silakan kembali scroll ke atas.

Ga ngerti juga? Segera ke pasar basah, beli hati. Tanpa ampla. Tukar hati lo dgn hati yg baru beli tadi. Siapa tau ngaruh. Goodluck.

Iklan