My baby Elline 

Elline, kami temukan 6 April dikisaran Jombang, Pondok Aren, Tangerang di aspal dgn terseok menuju pinggiran yg lbh aman. Hentikan mobil + nyalakan hazard, gw minta Ina turun comot si mpus kecil ini. Jalan sempit ini tdk memungkinkan merapat pinggir tuk parkir, so hentian kami ini sempet bikin kendaraan belakang ribut klakson2. Bodo amat. Hehehehe.

Elline dicomot. Masuk mobil. Observasi sekilas, dia pincang kaki kiri, namun tdk ada luka terbuka. Perjalanan lanjut ke petgrooming shop di Bintaro, tuk grooming Fernando dan Smokey. Buka sachet wetfood, Elline lahap melibasnya. Laper banget ni anak. Kucel. Tp ga rusuh. Anteng. 

image
image

image
image

image

image

Keesokan harinya kami bawa tuk cek dokter ke Vet, bareng sama Fernando yg mau cek kenapa mencret2 terus + kontrol infeksi kupingnya. Diperjalanan, Elline ini aneh. Anteng aja dia. Duduk di jok depan, malah kayak nyaman.

Jarang kucing bs anteng dan terlihat nyaman diajak travelling. Malah tangan mungilnya meraih tangan gw saat narik persneling. Lucu,tangan ini serasa pgn main aja sama dia, drpd ngurus persneling. 

image

Sesampainya di vet, setelah Fernando kelar check dan diagnosa, giliran Elline.

image
image

Vet observasi si mungil ini, lalu bilang “ini sebaiknya di rontgen aja mas, tapi ya ga bs diapa2in, terlalu kecil”.

image

Oke, gw tau kok apa yg terjadi sama elline, melalui pengalaman gw. Dia terlindas, lalu tanpa luka terbuka, dan hernia diagframa. Kucing2 kecil sebesar elline entah udah brp yg bernasib sama yg gw urus dirumah. Pesimis? Iya. Tp ga pernah mau nyerah donk.
image

Diperjalanan balik pun gitu. Dia manja2. Nyangsang juga dipangkuannya si Drakula Senja alias Okinawa eh oki. Ga ada yg dikeluhkan dr si Elline. Pipis + pup + muntah aja ga pernah selama diperjalanan.

image

image

Keesokan harinya bawa dia ke dokter nyoman. Sikap dia diperjalanan pun sama. Malah jauh lbh anteng. Sejuk, dia tidur meringkuk. Nyaman. Kenyang, tentram. Buat gw, tanpa dia merasa kesakitan, liat dia nyaman dan tenang bgitu, surga bgt.

Menenangkan pikiran pesimis yg selalu melintas, ttg waktu yg akan tiba buat elline.

Di dokter nyoman pun, disarankan dirontgen dulu. Gw minta beliau bisa ga kembalikan posisi tulang kaki belakang yg kayak dislokasi. Namun beliau minta tuk dirontgen dulu, takut posisinya udah kelamaan sblm ditemuin.

Balik lagi kerumah deh. Sepanjang perjalanan, gw inget betapa upaya operasi tuk kondisi hernia diagframa ini adalah sia-sia jika kucingnya terlalu kecil. Ah, bodo amat. Gw akan rawat elline apapun hasilnya nanti. 

Lanjut rawat elline di kamar utama, bareng Chester, Noel, Fernando, dan bbrp kucing lain termasuk Rose. Mereka semua lsg akrab sama Elline. Chester, Fernando itu jagain elline banget. Chester selalu endus2 dan duduk deket2 elline. Rose, lbh bertindak sprti kakaknya. Rajin ajak main. Senang liat elline cepet bgt akrab, sejak pertama kali dia dateng. 

Elline lahap makan apa aja. Catfood berbagai merk dia sikat. Wetfood apalagi, her fave. Ayam rebus pun suka. Apalagi ati ayam. Ga ada yg susah dr si mungil ini. Bener2 ga nyusahin. Boker dan pipis aja ikut kakak2nya tuh di atas lembaran koran yg disediakan sbagai toilet anak2 dikamar.

Setiap pulang dr aktivitas, masuk kamar utama itu selalu diserbu Elline yg lari kenceng bgt, seolah2 lupa kondisi kakinya, walau terseok. Dia ngerubung di kaki, muter2, ngeong2 lirih. Hey, dady’s home, baby! Its alright 🙂

Tidur, elline itu selalu nempel. Minta naik ke perut atau dada, dan stay. Bagaimanalah gw tega tuk balik badan / miringkan badan kala pegel. Yowis, gini aja. Hihihi. kakaknya pasti ikutan, si Rose yg emg hobynya duduk di badan atau tiduran.

Elline di fase 2 minggu pertama, sangat membaik. Kakinya seolah tdk pernah dislokasi, dan jalan normal walau agak ngangkan. Perut terisi penuh, badan mulai dendut. Hey, sesuatu yg jarang gw temuin di kasus hernia diagframa. Dulu, dikasus serupa, kucing2 ini divonis hanya akan bertahan 7 hari. Namun mereka bertahan disini 10-15 hari.

Penderita hernia diagframa ini gak boleh stress, ga boleh kaget, karena bs fatal buat mereka. Organ2 dibagian tengah+belakang tertekan ke depan, mendesak ke depan. Ini yg repot. Reposisi organ harus leluasa, kalo kucingnya terlalu kecil susah. Waktu berlalu.

Kelucuan dan manjanya elline ga berubah. 

Sampai suatu ketika, 1 mei 2013 gw pergi ke Bogor dan Cisarua tuk pengembalian 6 ekor anjing Vihara yg disterilisasi + vaksinasi. Pada saat perjalanan pulang, gw posting satu foto di instakilogram gw, nothing happened like usual.

Well I don’t expect anything, tough. Cuma sepanjang perjalanan pulang ini, agak risau dgn bill alias tagihan biaya rawat inap + steril + vaksin kucing2 korban banjir yg selesai direhabilitasi di vet tsb. Rp.8.740.000. Awow, gede ajah. Resah, karena bill di dokter lainnya Rp.8.178.000 dan berjalan terus karena kasus tetap masuk dan kami handle serta bawa ke dokter tsb.

Usaha mengumpulkan dana tuk bayar biaya2 tersebut dah lama, tpi ya cuma dpt dikit2. Gw putusin, tuk jual motor gw + gadgets + bbrp hal lain yg bs dijual. Sempet diprotes anak2, motor jgn dijual ntar rescue + belanja ke pasar harian buat anak2, gimana. Well, ini resiko perjuangan. Gapapa kehilangan benda. Ntar beli lagi lah ya 🙂 uang mah bs dicari. Kesehatan+kebahagiaan anak2 yg utama.

Tawaran menghujan datang, ada yg afgan + rosa, ada yg ga nawar. Some gadgets sold out. Wokey, br terkumpul dikit bener, lanjut terus.Kembali liat2 foto di instakilogram gw.

Tetiba nyangkut ni pandangan di 1 foto yg gw upload, dan … Hey, its Dejavu. Gw inget bgt pernah merasa duduk dijok depan, liatin foto itu, dan lanjutan kejadian berikutnya adalah sesuatu yg sedih, gw ga inget itu apa. Tapi gw yakin, sesuatu yg sedih itu akan kejadian, paralel dgn melihat foto tsb. Gw cerita ke anak2 lain di mobil. Ya semoga feeling gw salah. 

Balik rumah, urus anak2 diruang tengah dan ngaso di carport sebentar, baru masuk ke kamar utama. Akhhh… Elline tidur. Okey, ga seperti biasanya dia nyambut gw. Hampirin. Panggil namanya. Kok diem aja. Tumben. Mendekat, dan elus + colek. Dia diem. Elline tetap dlm posisinya. Cek badan + nafasnya, dan gw bisa pastikan elline udah ga ada. Badan blm kaku, dia belum lama perginya.

Kamu ga mau pergi didepan papa, nak? 
How sweet. 
I didn’t have enough time to say what I need to say to you.
Didn’t have enough time to give you more love and time.

Terlalu malam tuk minta Mia kuburin Elline di halaman dia.
Rumah gw yg dah diubah jd rumah singgah, udah ga ada halaman tanah tuk ngubur lagi.

Dulu, sebelum di conblock, ya penuh ini halaman, jadi kuburan bocah2.

Gw bungkus elline dgn kain. Taro lagi ditempat dia suka. Chester, tampak nungguin elline dan ga mau beranjak. Bbrp kali dia menyingkap kain, endus elline. Seolah dia mau bangunin dan ajak becanda seperti biasa. Dia duduk lagi, disekitar elline. Kami tidur bertiga disekitar mayat Elline. Sambil berharap, ini cuma mimpi, dan elline ttp sehat seperti biasa.

Gw selalu berharap, anak2 yg wafat ini, cuma tidur. Berharap mereka akan bangun dan berlarian seperti biasa. Harapan yg selalu gw punya, kala sedih ga terkira. Pikiran yg carut marut, mgkn bikin gw tidur ga nyenyak. Susah tidur. Mata sembab.

Bbrp kali terbangun, kaget. Cek elline. Msh aja bgitu. Tidur lagi.

Kali ini ga terbangun lagi, agak nyenyak.

Mimpi itu msh gw inget jelas. Mimpi yg pendek, namun terekam jelas.

Elline berdiri normal, gendut dan bersih. Dia ada disamping sosok manusia. Nuansa imaji di mimpi ini putih semua. Kayak cahaya. Elline ga bersuara.

Hanya dia seperti berkata, “goodbye papa. Don’t be sad, everything is gonna be alrite.”

Dia cuma bilang itu. Lalu selesai mimpinya.

Gw mulai susah ngetik dan lanjutin celoteh ini. Mata susah melihat, softlens ini terganggu tumpukan air yg antri tuk jatuh. Ah, mengingat Elline dan masa2 dia ada sama gw, bikin nafas tersengal dan mata sembab. 

Lalu, siang hari gw cek lokasi tuk shelter baru Animal Defenders di bilangan Cisalak. Tempat oke. Lalu tinggal merancang crowdfunding. Kami pulang.

Diperjalanan, mbak Catherine coba berkomunikasi namun agak terhalang krn bb gw modar kabeh tuh 5 batre.

Singkat cerita, beliau cover biaya tagihan dokter magda. Semuanya.Lalu disore hari, dia cover juga biaya di dokter nyoman. 

Astaga, kaget setengah mampus gw. What the fuck happened? Ini bill anak2 kelar semua, ga sampe 24 jam. Well, blm semua. Krn di dokter nyoman, msh bersifat running bill dan udah jauh nambah dr nominal tagihan awal. No problemo. Kawan2 yg udah donasi brp pun nominalnya serta bbrp gadget gw yg udah kejual, akan buat bayar running bill ini. 

Sungkem buat semua pihak yg membantu dalam berbagai hal mendukung kami di animal rescue ini.

A sincere sungkem for you all. 

Sejenak, terdiam. Mikir, apa sih yg terjadi ini. Merunut kebelakang.

Entah gw yg sok tau, tapi yg gw rasa, elline coba menyampaikan, bahwa semua akan baik2 saja, dan inilah yg dia maksud.

Personifikasi akan sosok elline? Ya. Gw selalu memposisikan gw sebagai anjing+kucing, atau memposisikan anak2 ini sbg manusia layaknya manusia umumnya.

Kita smua sebahasa, senasib, sepenanggungan. 

And my question is, do we speak the same language, my beloved elline? 

Be good wherever you are now.
Till we all gather again.
In our own version of paradise.
A world free of pain and abuse.
I love ya. 

