Malam pergantian tahun akan segera tiba.
Kebiasaan (barbar) yg selalu berulang akan segera kembali menghantui: ledakan petasan dan kembang api.

Para pawrents atau kawan2 yg memelihara anjing dan kucing, tentunya akan waswas. Ketakutan dan paniknya anak2 ini akan menjadi kekhawatiran tersendiri. Berikut tips berdasarkan pengalaman pribadi handling anjing2 yg takut akan suara2 ledakan petasan / kembang api.

1. Bersiaplah diantara mereka, saat frekwensi ledakan akan banyak terjadi.

2. Bangun atmosfer tenang, luwes dan canda. Bermain2lah dgn mereka.

3. Saat terjadi ledakan petasan, tetap tenang. Like nothing happened. Jgn berteriak2 nyumpahin petasan, toh dia udah meledak. Hehehe.

4. Sifat tenang kalian, akan diserap dan diterjemahkan oleh anjing/kucing kalian, bahwa bukan sesuatu yg hrs ditakutkan ttg suara ledakan tsb.

5. Jgn memarahi anjing/kucing yg panik dan ditimpali dgn kata2 perintah lain dgn nada tinggi. Its useless. Jgn gunakan “reinforcement”, namun gunakan pendekatan psikologis. Jadilah panutan mereka.

6. Ketika mereka ketakutan, JANGAN DIELUS/PELUK. Kenapa? Hal tsb adalah konsep “rewarding” alias “hadiah” atas perilaku. Anjing/kucing akan merasa ketakutan mereka, perilaku panik mereka, diperbolehkan dan mendapatkan perlindungan sang owner. Ini salah.

7. kala mereka ketakutan, tetap tenang. Terus becanda. Tatap mata mereka, teduh saja. Tapi tanpa elusan.

8. Sebaiknya dijaga sekeliling lingkungan, misalnya pagar terkunci benar, pintu tertutup, etc. Agar menghindari lari/kaburnya anjing/kucing saat membiasakan mereka dgn suara mengagetkan ini.

9. Saat petasan/kembang api mereda, dan mereka bisa tenang, reward lah mereka, elus dan sayang2 serta katakan “GOOD”. Ini akan membangun kepercayaan diri mereka.

10. Tiada yg instan. Ini proses. Ayo tekun. Pahamilah, bahwa anda pun terganggu dgn suara petasan. Demikian mereka. Jgn bereaksi terlalu keras ketika mereka tdk menunjukkan hasil. Mgkn lbh baik kita introspeksi diri: apakah kita sudah tenang, apakah kita sudah menjadi panutan, apakah kita sudah dipatuhi sbg pack leader.

Selain upaya defensif ini, tentunya kita harus terus kampanyekan ke sekeliling kita, bahwa petasan dan kembang api yg suaranya mengagetkan / memekakan telinga adalah hal yg negatif dan tidak berimplikasi bagus buat sekeliling.

Pembeli dan Penyulut petasan pun tutup kuping saat mereka sulut petasannya. Udah beli, kenapa malah tutup kuping dan bukannya menikmati suaranya? Hehehe. Atau mending mereka suruh pasang saja dikamar masing2. Enjoy it (“,)

Well then, keep calm and assertive. Be a good pack leader.

Salam

Iklan